SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Enskripsi
April 5th, 2017 by anjarina.w

  Pengertian Enkripsi

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia.

Dikarenakan enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara, hanya organisasi-organisasi tertentu dan individu yang memiliki kepentingan yang sangat mendesak akan kerahasiaan yang menggunakan enkripsi. Di pertengahan tahun 1970-an, enkripsi kuat dimanfaatkan untuk pengamanan oleh sekretariat agen pemerintah Amerika Serikat pada domain publik, dan saat ini enkripsi telah digunakan pada sistem secara luas, seperti Internet e-commerce, jaringan Telepon bergerak dan ATM pada bank.

Enkripsi dapat digunakan untuk tujuan keamanan, tetapi teknik lain masih diperlukan untuk membuat komunikasi yang aman, terutama untuk memastikan integritas dan autentikasi dari sebuah pesan. Contohnya, Message Authentication Code (MAC) atau digital signature. Penggunaan yang lain yaitu untuk melindungi dari analisis jaringan komputer. Tujuan sebenarnya teknik-teknik dengan istilah-istilah di atas adalah untuk menyamarkan data asli menjadi data baru dalam bentuk atau format lain, supaya orang lain selain si pemilik hak akses ke data tersebut tidak bisa melihat atau mengaksesnya. Biasanya digunakan untuk mengamankan data, jaga-jaga kalau data tersebut jatuh ke tangan orang lain yang tidak berhak. Baik itu untuk disimpan sendiri maupun untuk tujuan pengiriman data ke orang lain.

 

Sejarah Singkat Enkripsi

Jaman dahulu orang Yunani menggunakan tool yang disebut Scytale untuk membantu mengenkripsi pesan yang akan mereka kirimkan. Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan  . Mereka akan membungkus silinder dengan kertas, menulis pesan dan mengirimkannya.

Metode enkripsi ini sangat mudah dipecahkan, tidak mengherankan karena ini adalah enkripsi pertama di dunia yang digunakan di dunia nyata.

Julius Caesar menggunakan metode yang agak mirip dengan ini, menggeser setiap huruf alfabet ke kanan atau ke kiri berdasarkan angka dan posisi. Tekni enkripsi ini disebut juga Caesar cipher. Sebagai contoh kamu bisa melihat cipher di bawah ini, ketika ingin menuliskan WINPOIN maka dituliskan ZLQSRLQ.

Hanya para penerima pesan memiliki cipher akan tahu maksut pesan tersebut, akan sulit orang berikutnya untuk memecahkan kode pesan.

Contoh cipher enkripsi sederhana lainnya adalah Polybius square menggunakan cipher polyalphabetic yang alfabetnya tertulis di setiap sisi angka.

Dengan menggunakan metode engkripsi di atas, kalau kamu ingin menuliskan WINPOIN, berarti enrkipsinya adalah 15 34 52 12 53 34 52.

 

Metode Enkripsi

Metode Enkripsi data dengan metode caesar cipher dan subtitusi key

METODE ENKRIPSI CAESAR CIPHER DAN SUBTITUSI KEY

  1. CAESAR CIPHER.

Contoh kalimatnya:

the danger of small mistakes is that those mistakes can be the big problem

hasilnya setelah dienkripsi:

wkh gdqjhu ri vpdoo plvwdnhv lv wkdw wkrvh plvwdnhv fdq eh wkh elj sureohp

algoritma

  • Plain text menggunakan kalimat berbahasa inggris.
  • Setiap huruf disubtitusikan menjadi huruf yang bergeser 3 huruf setelah huruf yang ada dalam plain text, dengan kata lain bergeser 3 huruf setelah huruf aslinya.

   Misalkan huruf t=w , h=k , dan e=h. dalam huruf alphabet huruf ketiga setelah ‘t’ adalah ‘w’, huruf ketiga setelah’ h’ adalah ‘k’, serta huruf ketiga           setelah ‘e’ adalah ‘h’. dan seterusnya.

  • Dalam kata ‘small’ terdapat pengulangan huruf ‘l’ sehingga cenderung mudah ditebak bahwa huruf tersebut sama.

   Dalam bahasa inggris huruf yang serupa dengan kondisi diatas antara lain: all,tall,full, nill, dan sebagainya.

  • Setelah menemukan algoritma dari metode enkripsi ini, dapat dipastikan bahwa metode enkripsi ini menggunakan metode ‘CAESAR CIPHER’.
  1. METODE ENKRIPSI DATA DENGAN MENGGUNAKAN KEY
  • KEY=OPERASI

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

O P E R A S I B C D F G H J K L M N Q T U V W X Y Z

Kelebihan:

  • Kode agak rumit untuk dipecahkan

Kekurangan:

  • Kesulitan bagi receiver dalam memecahkan kode enkripsi tersebut.

Contoh:

referensi dalam sebuah laporan penelitian

nasanajqc rogoh qapuob golknoj lajagctcoj

  • KEY=TABUNG

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

T A B U N G C D E F H I J K L M O P Q R S V W X Y Z

Kelebihan:

  • Kode agak rumit untuk dipecahkan

Kekurangan:

  • Kesulitan bagi receiver dalam memecahkan kode

Contoh:

bahasa pemrograman java pascal dan phiton

atdtqt pnjplcptjtk ftvt mtqbti utk mderlk

  • KEY=AUTO

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

A U T O B C D E F G H I J K L M N P Q S U V W X Y Z

Kelebihan:

  • Kode mudah dipecahkan bagi receiver .

Kekurangan:

  • Kode enkripsi ini dapat mudah dipecahkan oleh pihak lain
  • Huruf U hingga Z sama, sehingga mudah ditebak.

Contoh:

gunakan system operasi yang open source

dukahak qyqsbj lmbpaqf yakd lmbk qluptb

  • KEY=GUITARMELODY

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

G U I T A R M E L O D Y B C F H J K N P Q S V W X Z

Kelebihan:

  • Kode rumit untuk dipecahkan
  • Hanya ada 1 huruf yang sama, yaitu huruf z.

Kekurangan:

  • Kesulitan bagi receiver dalam memecahkan kode

Contoh:

metode enkripsi data dengan kode guitar

bapfta acdklhnl tgpg tacmgc dfta mqlpgk

  • KEY=PHANTOM

A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

P H A N T O M B C D E F G I J K L Q R S U V W X Y Z

Kelebihan :

  • Kode ini agak rumit sehingga sulit bagi pihak lain untuk memecahkannya

Kekurangan:

  • Kesulitan bagi receiver/penerima dalam memecahkan kodenya

Contoh:

System keamanan computer

ryrstg etpgpipi ajgkustq

Metode Enkripsi pada Web

  1. Metode Enkripsi MD2
  1. Message-Digest algortihm 2 (MD2) adalah fungsi hash cryptographic yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1989′
  2. Algoritma dioptimalkan untuk komputer 8-bit. MD2 yang ditetapkan dalam RFC 1319.
  3. Meskipun algoritma lainnya telah diusulkan sejak dulu, seperti MD4, MD5 dan SHA, bahkan sampai dengan 2004 [update] MD2 tetap digunakan dalam infrastruktur kunci publik sebagai bagian dari sertifikat yang dihasilkan dengan MD2 dan RSA.

 

  1. Metode Enkripsi MD4
  1. Message-Digest algortihm 4(seri ke-4) yang dirancang oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT pada tahun 1990. Panjangnya adalah 128 bit.
  2. MD4 juga digunakan untuk menghitung NT-hash ringkasan password pada Microsoft Windows NT, XP dan Vista.

 

  1. Metode Enkripsi MD5
  1. MD5 adalah salah satu dari serangkaian algortima message digest yang didesain oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994).
  2. Saat kerja analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5 yaitu MD4 mulai tidak aman, MD5 kemudian didesain pada tahun 1991 sebagai pengganti dari MD4 (kelemahan MD4 ditemukan oleh Hans Dobbertin).
  3. Dalam kriptografi, MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit.
  4. Pada standart Internet (RFC 1321), MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file.

 

  1. Metode Enkripsi SHA
  1. SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard.
  2. SHA adalah Secure Hash Algoritma. Jenis-jenis SHA yaitu SHA-0, SHA-1, dan SHA-2.
  3. Untuk SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384, dan SHA-512.

 

  1. Metode Enkripsi RC4
  1. RC4 merupakan salah satu jenis stream cipher, yaitu memproses unit atau input data pada satu saat. Unit atau data pada umumnya sebuah byte atau bahkan kadang kadang bit (byte dalam hal RC4).
  2. Dengan cara ini enkripsi atau dekripsi dapat dilaksanakan pada panjang yang variabel.
  3. RC4 adalah penyandian stream cipher yang dibuat oleh Ron Riverst pada tahun 1987 untuk pengamanan RSA.
  4. Algoritmanya didasarkan pada permutasi acak.

 

  1. Metode Enkripsi Base64
  1. Base64 adalah sistem untuk mewakili data mentah byte sebagai karakter ASCII.
  2. Base64 menyediakan 6-bit encoding 8-bit ASCII karakter.
  3. Base64 merupakan format yang dicetak menggunakan karakter, memungkinkan binari data yang akan dikirim dalam bentuk dan email, dan akan disimpan di database atau file.

 

Contoh Kasus Enkripsi

 

  1. Studi Kasus Indonesia: Keamanan Layanan Finansial (Mobile Banking)

 

 

Dimasa modern ini kemajuan teknologi informasi berkembang dengan pesat. Salah satu contoh dari kemajuan tersebut adalah lahirnya SMS/Mobile Banking. Mobile banking memungkinkan penggunanya untuk mengakses informasi saldo atau mentransfer sejumlah uang hanya lewat ponsel. Seiring kemajuan tersebut, kejahatan yang mengancam pun semakin meningkat. Kini Enkripsi Alogaritma GSM sudah berhasil dibongkar, salah satu contohnya kasus A5/1. Pelaku kejahatan membongkar enkripsi GSM menggunakan perangkat FPGA, resiko setelah terkena serangan tersebut adalah, pelaku dapat membuat pirate GSM operatorphone number scanningfree phone calls dan lain-lain.

Trend serangan lain  pun marak terjadi, seperti serangan dengan Over the Air MITM, serangan di sisi SMS Gateway (Plain Text) dan ponsel diakses olah yang tidak berhak. Solusi untuk mecegah terjadinya serangan tersebut adalah melakuakn protokol end to end, melakukan manajemen risiko dengan cara membatasi nilai transaksi maksimum dan proses tambahan di backend seperti mengharuskan nasabah mendaftarkan terlebih dahulu rekening-rekening yang menjadi tujuan tranfer.

Satu lagi yang harus dihadapi dalam Mobile Banking adalah kegagalan transaksi dan transaksi berulang kerena SMS-delay. Ini disebabkan oleh protokol sms tidak memiliki makanisme untuk menjaga koneksi, sangat bergantung pada traffic, sehingga keterlambatan sering terjadi. Dampaknya dapat menimbulkan kerugian terbatas pada User. Namun kita bisa mengindari masalah tersebut dengan membangun protokol untuk meningkatkan automicity.

  • 2. Direktur FBI: Kasus Enkripsi di iPhone Belum Berakhir

 

Kasus enkripsi di iPhone milik teroris ternyata belum sepenuhnya berakhir dengan keberhasilan FBI menjebolnya tanpa bantuan Apple. Malah, hal itu dijadikan alasan bagi pemerintah AS untuk tetap memaksa Apple membuka akses enkripsi tersebut.

Seperti dikutip Reuters, Direktur FBI James Comey mengatakan bahwa pemerintah AS bakal menempuh jalur hukum (litigasi) untuk membawa kasus enkripsi di perangkat mobile ini ke pengadilan.

James Comey menyatakan lebih lanjut mengatakan, enkripsi dibuat perusahaan teknologi termasuk Apple dalam produk-produknya adalah metode penting bagi kelompok teroris.

FBI Director James Comey said on Wednesday there will be more U.S. government litigation over accessing electronic devices and said encryption is “essential tradecraft” of terrorist groups, such as Islamic State. Comey indicated that the debate involving both legal and privacy issues over whether the federal government can compel tech companies to unlock personal devices in the interest of national security is far from over in a briefing with reporters at the Federal Bureau of Investigation.

          Enkripsi end-to-end yang baru-baru ini dihadirkan WhatsApp adalah salah satu contohnya. Comey menganggap fitur enkripsi WhatsApp untuk mengamankan percakapan pengguna dari penyadapan sangat mengganggu penyelidikan FBI.

Meski begitu, Comey mengungkapkan pihaknya saat ini belum memiliki rencana untuk mengajukan tuntutan terhadap WhatsApp mengenai fitur enkripsi end-to-end miliknya.

Di kesempatan yang sama, Comey mengatakan FBI sudah memeriksa setidaknya 4.000 unit ponsel sejak bulan Oktober tahun kemarin. 500 unit ponsel di antaranya dikatakan berhasil dijebol.

 

Ilustrasi

              

 

 

Referensi:

http://irpantips4u.blogspot.co.id/2012/11/enkripsi-pengertian-manfaat-kerugian-macam.html

Metode Enkripsi data dengan metode caesar cipher dan subtitusi key

https://sharingvision.com/2013/04/studi-kasus-indonesia-keamanan-layanan-finansial-mobile-banking/

Direktur FBI: Kasus Enkripsi di iPhone Belum Berakhir

#WinExplain: Apa itu Enkripsi dan Bagaimana Cara Kerjanya??

 


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa