SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Sistem Operasi dan Sistem Utility
February 18th, 2017 by anjarina.w

1. Pengertian Sistem Operasi dan Jenis – jenisnya

Sistem operasi komputer atau yang lebih kita kenal dengan Operation System (OS) adalah suatu kumpulan dari berbagai perintah dasar yang memiliki peran untuk mengoperasikan dan menjalankan Komputer atau PC.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu,  seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Asal muasal OS (Operation System) dari altair, yakni perangkat komputer yang pertama kali diciptakan pada tahun 1975 yang menggunakan OS CP/M dan kemudia oleh perusahaan microsoft dirilis menjadi MS-DOS. MS-DOS telah mengalami perkembangan yang pesat mulai dari MS-DOS versi 1.0 tahun 1981 sampai dengan MS-DOS ver 5.0 tahun 1991 lalu kemudian sampai saat ini microsoft telah banyak sekali mengeluarkan sistem operasi (OS) mulai dari Ms-Windows, sampai dengan yang terbaru saat ini Windows 10.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan   sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

Jenis-jenis Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Berdasarkan Interfacenya
  2. Berdasarkan Sifatnya
  3. Berdasarkan Cara Kerjanya

Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis sistem operasi komputer:

  1. Berdasarkan Interfacenya

Sistem komputer berbasis GUI (Graphical User Interface)

 Graphic User Interface adalah suatu sistem yang membuat para pengguna atau user dapat  berinteraksi dengan suatu perangkat komputer yang digunakan oleh pegguna tersebut. Graphic User Interface dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dll. Pada Umumnya Sistem Operasi GUI terdapat jendela, menu, tombol, ikon, dll yang didesain supaya penggunanya lebih mudah, nyaman, dll dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi. Dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum, karena tujuannya lebih ke User Friendly

     Graphic user interface ini dibuat untuk memudahkan pegguna berinteraksi dengan perangkat komputernya, jadi pengguna tidak perlu mengetik teks perintah yang ingin dijalankan, akan tetapi pengguna hanya perlu mengeklik gambar atau ikon yang sudah dibuat oleh suatu software tersebut, karena Graphic user interface ini telah mengkonversi perintah tersebut menjadi ikon didalam layar komputer yang dapat diklik untuk menjalankan fungsinya. Sebagai contoh apabila kita ingin menjalankan software pengolah angka seperti Excel, kita hanya perlu mengeklik ikon yang berbentuk kertas dengan huruf X diatasnya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya, jadi segala sesuatu yang anda lihat dikomputer anda saat ini adalah Graphic User Interface.

Beberapa contoh OS (Operation System) berbasis GUI (Graphical User Interface) adalah sebagai berikut:

  • Windows

Windows adalah sebuah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (GraphicalUser Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Os ini sudah banyak sekali digunakan oleh user sejak lama. Windows pertama kali masih dalam jenis Ms-Dos (Microsoft Disk OperatingSystem) yaitu sebuah Sistem Operasi yang berbasiskan teks dan Command-Line interpreter. Dan Windows 1.0 berkembang hingga yang terbarusejarang ini, yaitu windows 8. Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

  • Linux

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop.

  • Novell NetWare

Novell Netware adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau nkompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat oleh Novell Inc. berbasis tumpukan protokol jaringan Xerox XNS. Novell Netware dahulu digunakan sebagai LAN-based network operating system. Banyak digunakan pada awal sampai pertengahan tahun 1990-an.

  • MorphOS

MorphOS adalah Amiga-kompatibel OS komputer. Ini adalah campuran proprietary dan open source OS yang diproduksi untuk komputer Power PC prosesor berbasis Pegasos, akselerator PowerUp dilengkapi komputer Amiga, dan serangkaian papan pengembangan Freescale yang menggunakan firmware Genesi, termasuk EFIKA dan mobileGT.

  • Mac OS

Mac Os adalah singkatan dari Macitosh Operation system. Mac Os dibuat oleh Apple Inc. Mac OS khusus dibuat untuk komputer Machintosh dan tak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984. Mac OS adalah OS yang pertama menggunakan graphic user interface (GUI). Sejak 2006, Mac OS kompatibel dengan x86 dan PowerPC. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup software untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix.

Sistem komputer berbasis CLI (Command Line Interface)

Command Line Interface merupakan suatu sistem operasi (OS) yang menggunakan teks sebagai media untuk mengoperasikannanya. OS jenis ini berjalan tanpa memakai bingkai jendela sebagai mana lazimnya yang sering kita temui pada sistem operasi saat ini. OS berbasis teks ini banyak digunakan pada saat awal mula perkembangan PC (Personal Computer). Untuk menjalankannya sistem jenis ini memerlukan prompt standar yakni huruf yang memperlihatkan drive aktif. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell

Beberapa contoh OS (Operation System) berbasis CLI (Command Line Interface) adalah sebagai berikut:

  • UNIX

 

 

UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini.

  • MS-Dos

MS-Dos adalah nenek moyang dari Windows yang fenomenal saat ini. Coba saja tekan tombol windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter. Jika muncul layar hitam dengan tulisan putih, berarti Anda sudah masuk DOS.

  • Knoppix

Knoppix  merupakan  sistem operasi berbasis Linux Debian yang  dirancang khusus  untuk dijalankan langsung dari CD / DVD (Live CD) atau pun dari USB flash drive (Live USB). salah satu yang pertama dari jenisnya untuk sistem operasi apapun, yang terdiri dari perwakilan koleksi GNU / Linux software, deteksi hardware otomatis, dan dukungan untuk banyak kartu grafis, sound card, perangkat SCSI dan USB dan perangkat lain.

  1. Berdasarkan Sifatnya

Open source

Open source adalah perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan disebar luaskan. Jika ada pembuat perangkat lunak yang tidak mengizinkan kode programnya diubah atau dimodifikasi, maka bukanlah disebut sebagai open source walaupun kode program dari perangkat lunak tersebut tersedia.

Beberapa contoh OS (Operation System) bersifat open source adalah sebagai berikut:

  • Sistem Operasi Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

  • Free BSD

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

  • Sun Solaris

Sistem Operasi Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris.

Close Source

Close Source adalah Sistem operasi yang codenya tidak dibuka untuk umum, pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi dengan gratis maupun membayar. meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah sistem operasi tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka sistem operasi ini tidak open source.

Contoh OS (Operation System) bersifat open source adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi Windows

Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking yang dikembangkan oleh Microsoft.

 

3.Berdasarkan Interfacenya

Sistem Operasi Stand Alone

Sesuai namanya, sistem operasi ini merupakan jenis sistem operasi yang dapat berdiri sendiri, dan bisa digunakan baik single user maupun multi user. Sistem operasi Stand Alone ini memiliki fitur – fitur tertentu tiap jenisnya, dan merupakan jenis dari kategori sistem operasi yang digunakan pada komputer – komputer yang biasa kita gunakan hingga saat ini.

Beberapa Contoh sistem operasi yang cara kerjanya stang alone adalah sebagai berikut:

  • Sistem Operasi UNIX

Meskipun sama – sama berakhiran ix, namun linux dan juga UNIX adalah sistem operasi yang berbeda. UNIX sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang berfungsi sebagai kategori sistem operasi Stand Alone, maupun sistem operasi dalam jaringan. SIstem operasi UNIX ini pertama kali diciptakan oleh Ken Thompson dan juga Dennis Ritchie pada tahun 1969. Kemudian, Sistem operasi ini juga dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi yang besar di Amerika, yaitu AT&T Bell Labs. UNIX jarang kita temui sebagai salah satu sistem operasi yang digunakan oleh user komputer secara umum, karena kebanyakan sistem operasi UNIX digunakan untuk modifikasi dan pengembangan sistem operasi baru yang berbasi UNIX.

  • Sistem Operasi Amiga

Sistem operasi Amiga atau Amiga OS merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat dan juga dikembangkan untuk kebutuhan komputer Amiga. Amiga meruakan komputer pribadi atau PC yang dikembangkan oleh Commodore International, dengan sistem operasi pertama yang diperkenalkan adalah Amiga 1000. Sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan processor 1 dan juga 32 bit. Amiga OS saat ini hak patennya dipegang oleh Amiga Inc, yang dibantu oleh Hyperion Entertainment dalam pengembangan Amiga OS

  • Sistem Operasi Be OS

Be OS merupakan sistem operasi untuk sebuah PC atau personal computer yang dikembangkan oleh B Inc. Be OS pada awalnya dibuat untuk berjalan dan befungsi pada perangkat keras keluaran Be, yaitu Be Box, yang mulai dikembangkan pada tahun 1991. Be Box mengandalkan multiptocessing Simetric, dan menggunakan bandwith modulae, serta memilik kemampuan untuk melakukan preemptive multitasking

  • Sistem Operasi Blank On

Merupakan sistem operasi berbasis Linux lainnya yang dikembangkan oleh para pecinta Linux di tanah air. Blank On ini dikembangkan oleh YPLI, dan merupakan sistem operasi berabsis Linuc yang sengaja dikembangkan untuk mendukung kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer pada umumnya, terutama dalam bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan. Namun demikian, tetap saja, sistem operasi ini masih kalah pamor dibandingkan dengan siste operasi populer, seperti Windows dan juga Mac OS.

 

Sistem Operasi Jaringan

Sesuai dengan namanya, sistem operasi jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang dapat menggerakkan dan jga mengoperasikan komputer yang dibuat untuk kebutuhan sebuah jaringan. Itu berarti setiap komputer yang memilki sistem operasi jaringan, mampu mengoperasikan komputer sebagai sebuah server jaringan, ataupun sebagai sebuah workstation di dalam jaringan komper.

Beberapa contoh sistem operasi yang cara kerjanya melalui jaringan adalah sebagai berikut:

  • Novell NetWare

Sistem operasi jaringan yang pertama adalah sistem operasai Novell NetWare. Sesuai dengan namanya, sistem operasi ini memang khusus dibuat dan juga dkembangkan untuk kepentingan Net atau jaringan. Novell NetWare ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM, sebagai salah satu perusahaan teknolog yang sangat besar. Novell Netware ini bekerja dengan menggunakan protokl jaringan dari Xerox XNS. Novell Netware mulai dikembangkan pada era 1983, dimana pada saat ini sisitem jaringna komputer sudah mulai berkembang dan banyak digunakan.

  • Windows Server

Salah satu sistem operasi yang populer di kalangan user di dunia, yait Microsoft Windows juga mendukung kebutuhan usernya di bidang jaringan komputer. Hal ini dibuktikan dari penggunaan Microsoft Windows Server yang banyak dan juga cukup populer untuk digunakan sebagai salah satu sistem operasi yang menjalankan sebuah koputer server.

 

Sistem Operasi Embedded

Sistem Operasi Embedded adalah versi dari beberapa jenis sistem operasi computer, terutama komputer desktop, yang diaplikasikan pada sebuah komputer yang lebih kecil lagi ukurannya. Sistem Operasi Embedded sangat erat kaitannya dengan sistem operasi komputer pada sebuah smartphone, baik merupakan pengembangan dari sistem operasi komputer sendiri, ataupun memang sengaja dibuat khusus hanya untuk smartphone saja.

Beberapa contoh sistem operasi yang cara kerjanya embedded adalah sebagai berikut:

  • Palm OS

Palm merupakan salah satu sistem operasi pada smartphone atau PDA Phone yang hanya booming sebentar saja. Saat ini Palm sudah sangat tidak populer, karena sudah kalah bersaing dengan sistem operasi lainnya. Palm dikembangkan oleh Palm, Inc. sebuah perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, yang mengembangkan smartphone Palm Treo 680.

  • Embedded Linux

Merupakan sistem operasi versi embedded dari sistem operasi Linux. Sistem opereasi Embedded Linux ini memang kurang populer dan juga penjelasan serta fitur – fitur utama dari sistem operas ini pun masih kurang begitu lengkap.

  • Sistem Operasi Symbian

Symbian merupakan sistem operasi dari sebuah smartphone, yang pertama kali diperkenalkan pada perangkat mobile milik Nokia. Symbian merupakan sistem operasi yang memungkinkan setiap usernya memiliki sebuah smartphone yang pintar, namun tetap dengan spesifikasi yang standar, dan tidak terlalu besar.

  • iOS

Merupakan sistem oeprasi Embedded milik Apple. Sistem operasi ini emrupakan sebuah sistem operasi yang dikhususkan secara ekslusif bagi seluruh smartphone yang dikeliarkan oleh Apple Inc, seperti iPhone, iPod, dan juga iPad. Sistem operasi ini hanya bisa digunakan pada perangkat Apple, dan juga masih merupakan pengembangan dari sistem operasi Mac OS.iOS merupakan versi mobile dari Mac OS X. Sistem operasi yang menggebrak dunia ponsel melalui iPhone, iPod hingga digunakan juga diperangkat tablet mereka; iPad. Sebuah sistem operasi yang memanusiakan manusia melalui fitur touch screen yang realistis.

 

Sistem Operasi Live CD

Live CD merupakan jenis sistem operasi berikutnya, yang memungkinkan setiap user di dapat mengoperasikan komputernya dengan menggunakan sebuah CD, ataupun perangkan penyipanan kompak lainnya, seperti disket ataupun flash drive. Sistem Operasi Live CD biasanya memiliki kapasitas resources yang ringan, dan juga sangat mudah untuk digunakan, namun biasanya, sistem operasi live CD memiliki fitur – fitur yang terbatas, dan tidak selengkap fitur dari sistem operasi biasa.

Contoh sistem operasi yang cara kerjanya Live CD adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Windows Mini PE

Merupakan versi Live CD dari sistem operasi Microsoft Windows, yang memiliki fitur yang cukup lengkap. Saat ini memang sistem operasi Live CD sudah tidak populer, mengingat komputer dengan spesifikasi yang rendah sekalipun sudah mamp untuk menjalakan sistem operasi milik Microsoft Windows.

 

 

2. Membandingkan Sistem Operasi Windows, Mac OS, dan Linux

 

 

Di dalam penggunaan komputer ada 3 sistem yang paling sering dipakai oleh user atau brainware yaitu Windows, Linux, dan Mac OS. Di setiap operating system pastilah mempunyai perbedaan. Berikut ini dibagi menjadi beberapa segi bagian atau sudut pandang untuk membedakan ketiganya, diantaranya yaitu :

Selain dilihat dari beberapa segi atau sudut pandang terdapat pula kelebihan dan kekurangan dari ketiga sistem operasi tersebut, diantaranya yaitu :

  1. Windows

Kelebihan Windows :

  • Pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi pada saat yang bersamaan.
  • Bisa membuka lebih dari satu file dalam waktu yang bersamaan.
  • Bisa sharing data aplikasi yang lain dengan mudah.
  • Terdapat Banyak aplikasi yang kompetibel dengan windows.
  • Enduser / orang yang awam tentang komputer mudah untuk menjalankannya.
  • Banyak didukung oleh vendor hardware dan software.
  • Digunakan oleh mayoritas pengguna komputer di dunia.

Kekurangan Windows :

  • Menyebabkan ketergantungan penggunaan produk Microsoft.
  • Space hardisk yang dibutuhkan besar.
  • Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hacker.
  • Membutuhkan memori fisik besar.
  • Membutuhkan kecepatan prosesor yang tinggi.
  • Harga lisensi yang mahal
  1. Mac OS

Kelebihan Mac OS :

  • Mac OS Tidak mudah terkena virus. Dirancang dengan security oriented, Mac OS tidak diganggu oleh serangan konstan dari PC virus dan malware. Namun tidak juga memperlambatanda dengan peringatan keamanan konstan dan interupsi lainnya.
  • High Performance. Khusus pada Mac Os X- dengan prosesor Intel terbaru dan inovasi terbaik lainnya, Mac OS dapat melakukan semua hal yang hanya dapat dilakukan Mac dengan kecepatan yang menakjubkan.
  • User-Friendly. Dengan tampilan GUI yang sangat menarik, menjadikan Mac OS sebagai salah satu OS yang banyak diminati khususnya oleh para graphic desainer

Kekurangan Mac OS :

  • Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena apple sudah tidak memberi lisensi untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS.
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Pengaruh dominasi Microsoft windows selama bertahun-tahun membuat user sudah sangat terbiasa dan enggan beradaptasi dengan OS terbaru.
  • Biayanya mahal.
  • Hanya berguna untuk graphic designer.
  • Tidak dapat digunakan dalam waktu bersamaan.
  • Softwarenya tidak lengkap dan tidak cocok bermain game karena tampilannya kurang bagus.
  1. Linux 

Kelebihan Linux :

  • Licensi yang gratis (Terbuka dan Bebas) bahkan banyak yang bisa didapat dengan    cara download.
  • Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara kompabilitas file system,   kompabilitas network, dan emulasi operating system.
  • Virtual memori membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program-program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori.
  • Stabilitas linux sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, sysitem linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas.
  • Linux mewarisi tradisi Unix dengan mendukung adanya file permission, yang dapat mencegah pengubahan atau penghapusan file tanpa izin dari pemiliknya, karena itu virus pada dasarnya tidak dikenali didunia linux.
  • Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia

Kekurangan Linux :

  • Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
  • Operating system yang tidak sepenuhnya GUI (Graphical User Interface).
  • Meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE.
  • Dan yang tidak lupa menurut pengalaman saya operating system yang lumayan sulit untuk dipelajari.

 

3. Kegunaan dan Jenis Sistem Utility beserta contohnya

Program utilitas adalah program yang memiliki fungsi tertentu. Para pengguna komputer biasanya membeli program utilitas secara terpisah dari sistem operasi. Hal ini dikarenakan program utilitas yang dijual terpisah pada umumnya memiliki keunggulan yang lebih baik jika dibandingkan dengan program utilitas bawaan yang telah ada pada sistem operasi. Terdapat berbagai macam dan jenis program utilitas yang telah beredar dipasaran, seperti:

  1. File Manager

File manager adalah satu komonen penting disemua sistem operasi. Komponen ini berperan sebagai alat penting untuk mengatur seluruh arsip-arsip yang berapa pada setiap komputer.

  1. Search Utility

Search utility adalah program sederhana untuk mencari sebuah file atau data yang diinginkan oleh pengguna. Program ini mencari file atau data sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh pengguna.

  1. Image Viewer

Image viewer adalah program untuk melihat, menggandakan, mengedit dan mencetak sebuah file grafis seperti foto.

Contoh: ACDsee

  1. Disk Cleanup

Disk cleanup berfungsi untuk mencari dan menghapus file yang tidak diperlukan. Contohnya seperti program file yang telah diunduh, file internet, file atau shortcut yang telah dihapus dan program file yang tidak terpakai.

  1. Disk Defragment

Disk defragment merupakan program yang menyusun kembali penyimpanan file pada ruang-ruang yang terdapat didalam hard disk komputer sehingga penyimpanan menjadi lebih efisien dan pengaksesan menjadi lebih cepat.

Contoh: Disk Defragmenter Windows

  1. Screen Saver

Screen saver adalah program untuk menampilkan gambar bergerak saat mouse dan keyboard tidak sentuh atau digunakan oleh pengguna. Saat pengguna kembali menggunakan perangkat mouse atau keyboard maka screen saver akan berhenti bekerja.

Contoh: Screen Saver Windows

  1. Personal Firewall

Personal firewall merupakan program untuk mendeteksi dan melindungi komputer dari sebuah gangguan. Personal firewall akan memonitor sebuah komputer secara konstan untuk melindungi komputer dari gangguan.

Contoh: Windows Firewall

  1. Program Anti Virus

Program anti virus adalah program yang dibuat untuk melindungi sebuah komputer dari ancaman virus komputer. Bahaya yang ditimbulkan oleh virus komputer misalnya adalah rusaknya file, duplikasi data, hilangnya data, kinerja komputer menjadi lambat dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan program anti virus agar dampak negativ tersebut dapat dicegah.

Contoh: Microsoft Security Essentials

  1. Spyware dan Adware Remover

Spyware merupakan program yang berada pada komputer tanpa diketahui oleh pengguna. Spyware dapat mengetahui informasi pengguna komputer dari kebiasaan pengguna berselancar didunia maya. Spyware dan Adware Remover mendeteksi dan menghapus psyware dan adware yang terdapat pada komputer.

Contoh: Adware

  1. Internet Filter

Internet filter adalah program komputer yang dapat menghapus atau melakukan blokir terhadap suatu sistem agar item tersebut tidak tampil pada komputer pengguna.

Contoh: Safe Eyes

Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan atau dapat diartikan juga bahwa program utility juga merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, manajemen hardisk, anti virus, partisi hardisk,meningkatkan kinerja komputer.

Disk Cleanup

Dengan menambah free space pada harddisk dengan menggunakan tool Disk Cleanup, dapat berakibat meningkatnya kecepatan pada komputer anda. Tool ini dapat mengidentifikasikan file-file yang aman untuk dihapus, juga ada pilihan file mana saja yang akan dihapus atau seluruh file yang di identifikasikan.

Penggunaan Disk Cleanup antara lain untuk:

  • Menghapus temporary Internet files, file ini paling banyak menggunakan space hardisk anda saat berselancar di internet.
  • Menghapus download program files seperti Microsoft ActiveX controls and Java applets
  • Mengosongkan Recycle Bin.
  • Menghapus Windows temporary files.
  • Menghapus komponen Windows yang tidak anda gunakan.
  • Menghapus instalasi program yang tidak terpakai lagi.

Menjalankan Disk Clenup:

Klik Start, kemudian All Programs, kemudian Accessories, kemudian System Tools, dan terakhir klik Disk Cleanup. Bila anda menggunakan beberapa harddisk, akan terdapat beberapa spesifikasi harddisk yang filenya akan anda hapus. Pada Disk Cleanup for dialog box, scroll untuk melihat daftar isi dan menentukan file yang akan dihapus di dafta  Files to delete. Kosongkan check box pada daftar file yang tidak ingin anda hapus, kemudian klik OK. Jika muncul konfirmasi penghapusan, maka klik Yes.

Disk Defragment

Saat penyimpanan file ke harddisk, file anda akan disimpan dalam kondisi kepingan-kepingan kecil yang terpisah penempatannya dalam harddisk, kondisi ini biasa disebut dengan fragmentasi. Pada saat anda membuka sebuah file, maka sistem akan mencari bagian- bagian tesebut di harddisk, bila penempatannya terpisah secara signifikan, kecepatan akses data menjadi lambat.Disk Defragmenter adalah sebuah utility dari Windows fungsinya untuk mengkonsolidasikan fragmentasi file-file yang terdapat dalam harddisk anda. Disarankan untuk menjalankan utility ini paling lama dalam waktu satu bulan atau bila anda:

  • Menambahkan sebuah file yang besar.
  • Total free disk space sebesar 15% atau kurang.
  • Menginstal program baru atau sebuah versi baru dari Windows.

Menjalankan Disk Defragmenter:

Klik Start, kemudian All Programs, kemudian Accessories, kemudian System Tools, dan terakhir Disk Defragmenter. Pada Disk Defragmenter dialog box, klik drive yang akan anda defragment, dan kemudian klik Analyze button. Setelah disk di analisa, terlihat sebuah dialog box, yang memberitahu bahwa anda dapat segera men-defragment drive yang telah di analisa.

Untuk defragment drive yang telah dipilih, klik Defragment button. Catatan: Dalam Windows Vista, tidak terdapat grafik yang memperlihatkan proses, tetapi proses defragment tetap berjalan di hard drive anda. Setelah defragmentasi selesai Disk Fragmenter akan mendisplai hasilnya. Untuk melihat informasi secara detil tentang defragmented disk atau partisi, klik View Report. Untuk mengakhiri View Report dialog box, klik Close. Untuk mengakhiri utility Disk Fragmenter,klik Close button di window title bar.

Check Disk

Sebagai tambahan dalam menjalankan Disk Cleanup dan Disk Defragmenter untuk meng-optimalkan kecepatan komputer anda, cek integritas file-file yang disimpan dalam hardisk komputer anda dengan menjalankan utility untuk mengecek error.Harddisk yang anda gunakan bisa terdapat bad sector. Bad sector menjadikan performa komputer menjadi lambat, suatu saat menyebabkan penyimpanan data menjadi sangat sulit atau tidak bisa sama sekali. Utility Error Checking akan menjakanlan scan pada harddisk anda untuk bad sector dan file sistem error yang disebabkan kesalan penempatan file atau folder. Jalankan utility ini paling tidak 1 minggu sekali, untuk menghindari kehilangan data.

  • Menjalankan Error Checking utility
  • Tutup semua file yang sedang dijalankan.
  • klik Start, dan kemudian klik My Computer
  • Di window My Computer, klik kanan harddisk yang akan anda cari bad sectornya, kemudian klik Properties.
  • Di Properties dialog box, klik tabulasi Tools.
  • Klik button Check Now.Pada Check Disk dialog box, pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors check box, dan kemudian klik Start.
  • Bila ditemukan bad sector, pilih fix untuk memperbaikinya.

Spyware

Spyware akan mengkoleksi data pribadi tanpa sepengetahuan anda dan tanpa permisi. Dari user name dan password web site yang anda kunjungi, spyware dapat beresiko mengambil informasi anda. Pada gilirannya spyware dapat memperlambat kinerja komputer anda. Untuk memerangi spyware anda dapat menggunakan Microsoft Windows Defender yang disertakan dalan paket Windows Vista, dan telah tersedia untuk di download dari situs Microsoft pada pemakaian Windows XP SP2 dan SP3. Sebagai alternatif anda dapat menggunakan anti spyware lainnya.

ReadyBoost

Penambahan system memory seperti RAM yang anda gunakan pada komputer, dapat meningkatkan performa kecepatan komputer secara signifikan. Tetapi penambahan memori ini sulit dilakukan oleh pengguna komputer yang awam, selain mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. dan beberapa jenis komputer mengalami keterbatasan pada penambahan memori ini. Windows Vista memperkenalkan Windows ReadyBoost, sebuah konsep baru penambahan memori dalam sistem.

Referensi:

  1. http://dosen.gufron.com/artikel/sejarah-perkembangan-sistem-operasi-microsoft-wind/13/
  2. https://yanceqalam.wordpress.com/2016/03/22/perbedaan-windows-linux-dan-mac-os/
  3. https://www.aplikasipc.com/perbandingan-antara-linux-ubuntu-dengan-windows/
  4. htmlhttp://blog.ub.ac.id/fuadi99zero/2010/03/24/fungsi-program-utility-windows/
  5. http://www.b38.web.id/2016/08/sistem-operasi-linux-dan-windows.html

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa